Malu?

"Wahhhh yo maluuuu toh cikkkkk"
Jawaban ini kudengar kemarin sore ketika saya mengusulkan seorang pelanggan yang sedang beli sekaligus curhat.

Anak lelaki bapak ini entah kenapa (dan sampai sekarang belum jelas penyebabnya) mendadak pusing-pusing parah. Gak pake demam gak pake pucat tapi kalau kumat bisa nangis meraung-raung, saya otomatis bilang: "Jangan-jangan pura-pura pak?" Tapi si bapak menggeleng lemas. Keliatan banget di raut si bapak kalau dia capek banget, lalu tiba-tiba dia curcol: "mahal cik sakit itu, apalagi ini anaknya kalau minta sak-dek-sak-nyek (minta yang segera harus diturutin)" Nah kali ini si anak ini minta springbed ceritanya.
Aku kasihan sama si bapak, lalu bilang: "Pak tetangga saya kemaren kanker bisa minta jamkesmas loh pak, coba minta jamkesmas" Eh.... si keponakan perempuan yang nemenin si bapak mendadak nyaut dengan cepat "Wahhhh yo maluuu toh cikkkk" Aku bengong dengar reaksinya.

Malu? cuman gara-gara malu dan kau gak mau menggunakan fasilitas untuk orang yang kurang mampu itu. Di satu sisi saya kasihan sama si bapak yang hanya petani dan hanya berpenghasilan kalau panennya bagus, memang sih kalo panen sukses duit banyak dalam sekejap, tapi kalo panen gagal?
Disisi yang lain saya kagum sama si bapak, yang ...well... dia bahasanya sih "malu" tapi menurutku dia punya harkat dan martabat yang lebih tinggi dari para koruptor dan anak muda yang ngemis dijalanan itu. Bukan begitu?

Singkat cerita saya langsung tanya budget untuk belanja kasurnya berapa, karena anaknya minta yang bagus, lalu saya pilihkan yang sesuai harga dan kualitas bagus dan gak terlalu mahal sambil berujar: "gak perlu yang mahal banget ini ajah udah bagus kok pak", saya juga kasihan kalo demi menyenangkan anak si bapak ikutan stress cari duit kan berabe. Lalu saya beri nasehat murah meriah: "coba dikasih minum air parutan tomat ajah pak, tomat itu vitaminnya banyak dan ada antioksidant nya" Entah saya kesambet darimana kok sok pake nasehatin minum air tomat bwahahaha... padahal di MRI ato di CT scan semua otaknya ini anak fine gak ada penyakitnya, tapi pusingnya gak selesai2, buttttt....nasehat tadi jujur muncul njeplak begitu ajah dimulut, so... entah berguna apa enggak si air tomat, tapi... semoga lekas sembuh deh anaknya!

Selamat sore!

Komentar