"Kalau ga bisa buka ga usah makan!"

"Kalau ga bisa buka ga usah makan!"-  Mama


Quote diatas is soooo my mom.... Dan sekarang kita semua menggunakannya ! Haha!

Masih jelas diingatan saya yg waktu itu masih kecil banget tapi kenangan akan kalimat itu nancep sampe sekarang. Kala itu saya mau makan jajan entah apaan modelan kayak chiki 2 gituh. Minta tolong mama yang lagi sibuk kerja, ditoleh sebentar dan: " kalau ga bisa buka ga usah makan!

Kalimat ini perlu dimasukkan dalam koleksi kalimat mantra yg lebih ampuh dari sekedar abakadabra deh, mama cuman perlu ngomong sekali ke saya tapi nancep puluhan tahun dan efeknya dari sejak saat itu saya tidak pernah berani minta tolong ke mama untuk hal2 begituan. Koko2 juga pasti pernah dengar kalimat itu, mungkin dua adek yg buncit yg agak diragukan pernah kena kalimat ini apa enggak, soalnya dulu pas kita udah SMP Liping masih kecil, jadi "mantan anak terakhir" dia, yang agak sering sakit pula jadi ga ada yg berani marahin, di marahin langsung badan panas soalnya haha.

Nah, kalimat mama ini adalah salah satu cikal bakal yang melatih kita bertiga untuk lebih mandiri dan "survived" menghibur diri sendiri dan mencari makanan bergizi hihihi
Waktu itu kita masih belum hidup seenak sekarang sih, rumah kami triplek, cuman satu kamar di dalam toko umpel2an tidur tumplek-blek jadi satu, semua orang plus satu anjing kita namanya Andri. 
Makanan yang paling sering disajikan yaaaa sayur atau tahu tempe, tapi kita ga kurang akal, kita bertiga akan pergi ke tempatnya Gyu2 PooFuk di jam2 dekat jam makan siang, karena disono ada mbak Ti yang pinter masak dannnnn selalu ada ayam goreng karena sen2 ga doyan sayur dan mamanya ga se-sangar mama kita yang tega anaknya ga makan hanya karena harus makan pake sayur hihihi. 

Tapi sikap TEGA mama berbuah indah, memang bener kalo ortu keras sama anak, kita belajar banyak hal dan jadi ga terlalu kaget ama dunia yang memang ga semuanya bisa terjadi semau kita. 

Kita belajar bagaimana caranya makan ayam goreng di rumah orang dengan timing yang tepat dan sikap yang menyenangkan jadi kita selalu disambut baik haha.
Kita belajar bagaimana berteman dengan segala lapisan generasi dan masyarakat dan bagaimana menilai orang2 mana yang bisa dengan mudah dan murah hati memberikan kita cokelat Full Cream kesukaan kita!
Kita belajar or I should say, saya belajar, bahwa kalo kita punya tekad/keinginan kita harus gigih dan memperjuangkannya serta menunjukkannya, supaya kita dapat yg kita inginkan. Contohnya pas aku masih kecil tapi pengiiinnnnn banget sekolah, banyak alasan untuk "belum boleh sekolah" tapiiiiiii begitu saya ambil tas kresek, diisi duit receh, buku dan pensil lalu ngeloyor nyebrangin jalan ngikutin anak2 sekolah yang lewat di depan rumah dan hampir ke tabrak truk, langsung besoknya saya disekolahin! 
Kita belajar bahwa bila kita ingin sesuatu, merengek adalah hal yang sia-sia. Lebih efektif memutar otak licik dan kreativitas untuk berpikir apa yang harus dilakukan supaya mendapat apa yang kita mau. Juga kita belajar bagaimana menilai watak orang lain. Waktu itu kita perlu pigura untuk prakarya sekolah, gyu2 jual pigura, jadi kita kesana bawa uang 1000 ajah, jelas kurang buat bayar pigura, tapi kita tau sifat gyu2 pastiiiiii bilang: ya udah sana ambil ajah! Bingo! Uang jajan kita nambah! Licik sekali kan? Tapi kalau saya punya anak nanti dan bisa berbuat begitu, saya akan justru diam diam bangga *eh hihihi
Kita belajar taat, karena ketika kita nakal mama akan kasih hukuman BENERAN! Kita bertiga dikurung dikamar mandi seharian waktu itu, tapi namanya anak2 dihukum rame2 bertiga dikamar mandi, yaaaaa maenan air lahhhhh! hasilnya besok hari kita bertiga flu semua, itu adalah hukuman kamar mandi pertama dan terakhir. Mama kapok kayaknya ngurusin kita sakit hahahah.
Saya belajar menghargai kebangsaan sendiri dan menjadi lebih nasionalis, juga HARUS menghormati senior. karena pernah aku dengerin orang ngomong chinese lalu komentar: "ih bahasa kok bunyinya  "cangcingcungcengcong" gitu" selang sedetik satu buah sepatu "brok" (sepatu jadul yg kayak sepatu tentara) melayang kena lenganku, disusul kalimat papa: "kamu itu orang mana?" Secara mata ini ajah ga bisa bohong kalo leluhur ku asalnya dari negeri tirai bambu pastinyah.


"Kalau ga bisa buka ga usah makan!" Telah membuat saya ga pernah berani lagi gangguin mama untuk minta tolong apapun, memaksa saya mandiri dan berusaha sendiri untuk melakukan apapun. Bisa merayu orang lain untuk minta tolong, bisa usaha gunting sendiri bukain itu snack, pernah juga kujepitkan di giginya si andri lalu ditarik tapi hasilnya jatuh semua dan snacknya kudu dipungutin dan dibersihin dulu tapi tetap kita makan bwhahahahhahaa... Hemat booooo! Pernah juga baruuuu beli heci, ehhhh jatoh! Tapi pas itu sama koko Bing diambil lalu ditepuk tepuk ditiup "dahhhh bersih!" Dan dimakan lagi bwhahahahhahaa asli kurang higienis itu kadang malah bikin kita ga gampang sakit hahahaha

Conclusion: Hey para orang tua, jangan terlalu memanjakan anakmu! Kamu membunuh dia perlahan kalau melakukan semuaaaaanya untuk mereka, Do a little less so they can learn and earn! 


Malam! 

Komentar

Posting Komentar