Thank God VS Thanks God

Duluuuuu... sering banget aku bilang "Thanks God"
Keknya banyak orang Indo selain diriku yang berkebiasaan ngomong begitu yah? Taon 2013 kemaren ajah seingatku udah lebih dari selusin orang yang kayaknya pasang status begituh.
Secara grammar kalimat "Thanks God" adalah salah, begitulah info yang kudapat dari seorang teman yang native speaker, disusul dengan checking on google (secara gua juga gak menelan mentah begitu ajah kalo ditegur, diterima dulu lalu berterima kasih sudah dikoreksi, kemudian diselidiki kebenarannya, di cross check ke any resources lalu kalo benar baru diaplikasikan....insting detektif? :P hihihihi).
Harusnya yang betul adalah: "Thank God" ... or...."Thanks to God".
Nah, sejak aku dikoreksi seorang teman tentang hal itu, somehow setiap lihat teman pajang status "Thanks God" jadi gatel ajah ngoreksi, bukan sok pintar sih tapi otomatis ajah ingin membenarkan yang aku tau, dan kalau aku ada kalimat yang salah pun (secara my grammar is so ugly) dengan senang hati diriku siap dikoreksi juga. Namun reaksi orang yang selama ini saya koreksi beda-beda:
Ada beberapa orang yang menerima dengan senang hati dan langsung diganti.
Ada yang mengganti tanpa mereply, langsung diganti ajah.
Ada yang nanya duluan: Salah apanya? baru setelah dijelaskan diganti.
Ada yang membiarkan gak mau dikoreksi, bahkan bbm ajah di Read ga di reply haha.
Ada yang dikoreksi dan bilang: "iyah iyah", tapi gak diganti dengan alasan: "kalau diganti langsung nanti ketahuan kalo salah malahan, jadi ya udah begini ajah daripada malu-maluin"

Oh... typically Indonesian!!

#sekilasketik

Komentar