Ngisin-ngisini

Tadi pagi ada sepeda motor yang tiba-tiba berjalan mepet didekatku yang sedang mengayuh sepeda ke toko. Karena hari ini saya berencana ke toko agak siangan, jadi memang pegawai sudah kusuruh buka toko duluan. Baru sekitar jam 8 saya nyusul ke toko.

Ternyata yang naik motor itu pak Agung salah satu langganan toko kami, melihat saya mengayuh sepeda berangkat ke toko dia berkata:
"Wah tau gitu tadi kujemput toh cik"
Saya hanya tersenyum simpul malas menimpali.
Eh dianya lanjut: "Masak kalah ama pegawenya cik.. Ngisin-ngisini ae (memalukan)"
Sambil mendongakkan kepalanya bermaksud menunjuk ke arah motor-motor pegawe yang terparkir rapi di depan toko, mungkin maksudnya suruh saya ngeliat itu motor2 buat bandingin ama sepeda miniku, lalu dia  pergi.

Hmmmm... memang sih pegaweku semuaaaa motornya keren-keren tuh, motor laki yang bunyinya bikin bangun orang se-RT ituh. Motornya kinclong-kinclong bersih mengkilap pisan, sedang tungganganku tak lain hanya sepeda mini tua yang umurnya 20tahun lebih (ini sepeda yang pertama kali kubuat belajar jaman masih kelas 5 SD dulu) masih awet cuman pernah teyengan jadi saya suruh cat ulang warna oranye, beres.
Memang ada bunyi "kriuk-kriuk-kriat-kriet" dikit kalo dikayuh, yah maklum udah tua what you expect?

Tapi.....
Emang gak boleh kalo pegawe naek motor saya naek sepeda? Ilmu darimana tuh?
Pencitraan diri? Biar keliatan keren? Halah....
Sepedanya masih layak pakai (buktinya masih bisa ngglinding toh tiap pagi)
Saya tidak mencuri, sepeda itu dibelikan papa duluuuuuuuuu banget, dua puluh taon yang lalu maybe.
So what gitu loh....

Namun, kayaknya semakin banyak manusia yang lebih mementingkan pencitraan-diri yang keren, bagus dan bergaya dibandingkan hidup apa adanya. Kemarin seorang teman bercerita tentang pencitraan yang sering dilakukan oleh mertuanya yang menginginkan cucu-cucunya dibaptis semua dan disaksikan semuaaaa keluarga besar, namun sejatinya mertuanya sendiri ke gereja ajah kagak pernah dan jawabannya selalu "malas", cuman kasih sumbangan waktu natal ajah kali.
Lah trus dibaptis buat apa jreng?

Kalo sebagian bilang: "Ya jaga image donk, masak kalah ama pegawai"
Kalimat ini masih belum juga masuk di nalarku, apaan yang kalah sih? Berangkat kerja yang cuman 5 menit naik sepeda apakah harus saya ngeluarin mobil demi penampilan? Gak penting deh.

Dan saya yakin, motor si bapak yang tadi nyinyir ngatain saya "malu-maluin" itu PASTI masih kredit!
Kenapa saya bisa yakin? Insting ajah bwahahhahaa
Karena sebagian masyarakat kita sangat menyukai kredit yang dianggap "memudahkan". Padahal kalo dipikir pake kalkulator, itu bunganya berapa mas?

Lucu lagi ada yang kredit motor, bayar bulanan sampe beberapa tahun, begitu lunas, eh motornya dijual. Lalu dia kredit lagi motor baru, sedang uang hasil penjualan motor lamanya dibuat belanja, dolan-dolan dan foya-foya. Saya SANGAT tidak mengerti cara pikir seperti itu.
Ketika kutanya: "Bukannya itu rugi kuadrat yah?"
Jawabannya enteng: "Soalnya kalo nabung pasti selalu tertarik untuk diambilin mulu, kalo kredit kan HARUS bayar tiap bulan dan gak bisa diambil."

Wes... denger penjelasan itu saya hanya bengong diam ngelus dada malas menanggapi.
Yang mana yang lebih ngisin-ngisini coba?



Komentar