Maintenance!

Maintenance
1
:  the act of maintaining :  the state of being maintained : support
2
:  something that maintains
3
:  the upkeep of property or equipment
4
:  an officious or unlawful intermeddling in a legal suit by assisting either party with means to carry it on

Indonesia, negaraku tercinta ini tidak terlalu familiar dengan kegiatan maintenance. Ya, kita bisa bikin ini dan itu, tapi kadang tidak ada maintenancenya. Bikin waduk ya wes bikin sekali, nanti kalo bocor baru di tambal. Kalau gak bocor? ya udah dibiarin begitu ajah.
Kalau dulu jaman belanda, gak pake maintenace hasil proyek-proyek jadulnya masih oye. Jembatan yang dibangun jaman belanda masih bisa kokoh bersaing sama jembatan yang baru ajah dibangun tapi dikorupsi sana sini, disunat dana semennya, batunya dll... andai penis, kira-kira udah abis kesisa mungkin seukuran jempol, karena kebanyakan nyunatnya, dan hampir di setiap lapisan minta "jatah" sunatan dana. Hasilnya? Ya jangan heran kalau jalan baru di aspal datang musim ujan langsung lubang semua. Disunat!
Pagi tadi waktu jogging sepatu Liping lepas solnya karena sepatunya udah lama dan jarang dipake. Nah ini juga mirip-mirip, bukan maintenance sih bahasanya, tapi kalau sepatu atau tas semakin jarang dipake akan semakin cepat rusak. Ini saya bandingkan sendiri dengan nasib sandal warna goldku yang udah 5taon lebih kupake ke kondangan, jalan ke mall, ke gereja, ke acara apapun resmi or semi resmi or sante, semua acara kayaknya. (yang sering pergi denganku pasti pernah lihat sandal gold street feet kesayangan itu). Dan, dia pun semakin nyaman ajah dipake. 
Sama halnya juga dengan relationship. 
Marriage or friendship semuanya sama, butuh maintenance dan komunikasi yang sering untuk bisa membuatnya bertahan. Dan juga usaha tentunya! Capek loh mempertahankan persahabatan ituh. Apalagi kalo oceans apart, Thank God for facebook yang lumayan membantu.

Karena sesuatu yang indah pun kalau gak dirawat dan dijaga kelestariannya, suatu hari ya bisa punah. 

Rumput tetangga lebih hijau. Kenapa bisa lebih hijau? Karena dirawat, dannnnn kita yang gak ikut ngeramut cuman melihat dari jauh ajah ya menikmati hijaunya si rumput, tapi yang ngerawat belum tentu melihat sehijau itu karena ada usaha dan lelah yang pasti di investasikan ke dalam hijaunya rumput itu.
Di setiap perjalanan yang so far saya tempuh, selalu ada adegan saya bertemu dengan beberapa teman lama. Ya, memang sengaja saya buat begitu, jadi paling gak teman yang terpisah antara samudra dan benua masih paling gak bisa punya reuni mini dan tambahan memories. Begitu pula usaha saya selalu hadir di acara kawinan atau pemakaman, karena itu juga bisa jadi salah satu sarana maintenace relationship. Tapi gak gampang loh. Capek, keluar duit gak sedikit, kadang korban perasaan karena kita berusaha dateng tapi gak dapet respon atau respect yang bagus bahkannnn kadang terlewatkan gak diajak foto bareng haha.
Iki kesambet apa aku yah kok mendadak sok psikolog haha... 
Intinya, semua butuh maintenace dear.... sesuatu yang baik selalu ada pemeliharaan dan usaha-usaha yang gak sedikit behind the scene.
Tergantung apakah kita mau bersusah-susah mengupayakannya? Pilihan ada di tangan anda ;)
Selamat Sore!




Komentar