Lombok Ninja-Hattori Trip

Mendaki gunung lewati lembah ....

Lombok Ninja Hattori trip! Bahkan if I may brag, lebih!
Soalnya lagunya si ninja gak ada kalimat pergi snorkelling ke laut toh... and we did! aha!

Hadir di tiga resepsi, dan pergi ke lokasi dengan dua musim yang berbeda gunung dan laut, adalah sesuatu yang sangat melelahkan! I think I need holiday from my holiday haha!

Oleh-oleh dari trip ini, saya sangat-sangat bersyukur bahwa saya bisa mengalahkan trauma saya dan berdamai dengan air! Oyeahhhhhh!
"Pengalaman hampir mati" saya sewaktu rafting, tenggelam, keseret arus, kebentur2 batu dan nyangkut di bawah kapal tahun 2015 lalu somehow masih teringat jelas sih, jadi ngeliat air langsung errrrrr inget sensasi masuk "mesin cuci" waktu drowned dan kebentur sana sini.
Saya sebenernya cukup punya banyak alasan untuk skip dari sesi snorkelling kemarin:
1. saya gak bisa berenang dengan baik dan benar (meskipun tahu jelas untuk snorkelling gak perlu bisa renang haha),
2. saya sedang flu berat, bahkan paginya pas bangun kepala saya pusing sangat dan badan sedikit demam (thanks to Erlin and her panadol yang kucemil-in sepanjang trip!)
3. saya ini gampang mabuk laut, jadi kalau naik kapal dan terombang-ambing sudah puyeng duluan sebelum sampai di spot snorkel nya.
Too many alibies actually, tapi yahhhhhh untungnya saya selalu ingat bahwa Tuhan itu baik and I trust Him wholeheartedly, jadi kemaren nekat ajah ikutan.

Sejam pertama saya cukup struggling dengan alat nafas nya, entah karena mulut kecil yang dimasukin karet gedhe gituh dan gak biasa, jadi air masih kemasuk terus, minum banyak air laut deh.
Tapiiiii setelah bisa lancar, saya malah jadi yang paling sering renang sampe lupa diri haha. Dua kali saya kepisah jauh dari rombongan karena asyik renang dan lihat bawah terus, tiba2 udah jauhhhhh kebawa arus.
Erlin teriak-teriak manggil dan saya tidak dengar (maklum flu jadi budheg pisan), si bapak kapten kapalnya sampe "Hadeeeeehhhh " sigh-ing lalu renang dengan cepat untuk nguber dan menarik saya balik ke rombongan. IT WAS TOTALLY FUN!!!!

Sebenernya ini bukan yang pertama saya masuk laut, dulu pernah diving jugah tapi itu lamaaaaa sebelum ada adegan kelelep. Jadi kemaren adalah pertama kali saya berdamai dengan air and I made it ! Yay!

Dari pengalaman itu saya belajar, sebenernya sesuatu yang menakutkan itu kalau gak dilawan yaaaaa akan terus menakutkan!
But when we put less effort (from our own strength) and surrender to God then trust His loving character, that very moment we will have the devine strength to be the overcomer!

Jujur kalo dengan kekuatan sendiri saya gak akan nyoba2 lagi masuk air, toh Caruban jauh juga dari laut....Tapiii karena mikir: "Halahhhh .....God is a good God, gak mungkin diijinkan kenapa-napa lah niex!" *toh kalopun ada kenapa2 yah anggap ajah langsung express pulang ke rumah Bapa juga* hihi
Saya memaksa diri lalu merem dan nyebur ke laut. Coward sekali yah, nyeburnya sambil merem? Kalau kalian ada di kapal itu, kalian akan ketawa ketika saya memanjat dengan takut2 ke tepi kapal, kayak takut jatuh kepleset lalu kelindes kapal lagi!
Setelah saya pikir-pikir sekarang, ketakutan saya waktu itu konyol sekaliiiiii!
Dannnnn.....ternyata cukup susah juga ! Sejam saya struggling dan minum banyak air asin, lalu kethonthalan ngejar yang lainnya biar bisa bareng2 dan gak sendirian di tengah laut. Dada sampe rasanya sesek sekaleeeeeee, kepala cenut-cenut sakit karena google nya kalo gak diseretin maksimal, air masuk dan mata jadi perih pula. Tapi karena udah tanggung dan wes kadung pasrah, jadi nyoba lagi dan lagi sampe akhirnya nemu posisi yang pas dan bisa nafas dengan benar, the result: The rest 3 hours was SO FUN!!

Lalu mendadak ajaran yang saya terima waktu TWC lalu pop-up di kepala.
Ini loh niex salah satu contoh keciiiilllll being "partner" of God!
Kita harus kenal partner kita dan trust enough untuk bisa bekerja sama khan?
Kalau saya tidak "bekerja sama" dengan Tuhan untuk memaksa diri dan pasrah, saya gak akan berani lagi berurusan dengan air entah sampai batas waktu yang tidak ditentukan.
Tapi karena keputusan untuk mempercayai-Nya, saya tahu rasanya berjuang melawan diri sendiri dan ketakutan itu lalu tahu bagaimana rasanya vocab "total surrender" itu menjadi nyata!

Yeremia 29:11 

Konteks
TB (1974) ©
SABDAweb Yer 29:11
Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan w  apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera x  dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan y  yang penuh harapan.


Jadi ketakutan apa lagi yang kita miliki dan harus dilawan?
Tuhan sudah memerdekakan kita, kita hanya perlu untuk berserah dan percaya pada rancanganNya!

Galatians 5:1 ESV
For freedom Christ has set us free; stand firm therefore, and do not submit again to a yoke of slavery.

2 Corinthians 3:17 ESV 

Now the Lord is the Spirit, and where the Spirit of the Lord is, there is freedom.

John 8:32 ESV  

And you will know the truth, and the truth will set you free.”

John 8:36 ESV 

So if the Son sets you free, you will be free indeed.


**
Tapi.. tapi .... tapiii....
Saya juga masih takut kucing sihhhhh, dan belum ada plan untuk berdamai dengan makhluk satu itu. #eh #confession #sayajugamanusia

Have a good day all!!!




















Komentar