Tracing Ancestry

Tuhan itu bener-bener kreatif dan punya sense of humor yang tinggi deh!

Saya masih ingat ketika tahun 2001 lalu bertemu dengan Venny di sebuah komsel di rumah Herman di Clayton, laluuuuu pas ngobrol we found out that we are cousin! Papa saya dan papa venny adalah sepupu. Finding family mendadak ternyata asyik juga, jadi kayak kisah-kisah drama korea!

Nah sekarang dari my mother side, tiba-tiba ada Gyu-gyu (paman dari pihak mama) showed up, datang kemari dengan membawa foto-foto hitam putih jaman kecilnya Bobo dan menceritakan sejarah.
Gyu-gyu sudah research bertahun-tahun untuk tracing ancestry , dan ketemulah dengan kami di Caruban, Madiun, Magetan, Ponorogo.
I was so...WOWWWW! Hebat juga yah bisa ketemu kami!

Like always, ada tamu = ada tugas, jadilah saya mulai hari Kamis kemarin kelayapan nemenin tamu, driving here and there, angkat koper, nyabutin rumput di kuburan, translating the conversations and preparing plus handling everything. Untungnya saya hobby beginian, jadi menyambut tamu selalu exciting for me, setelah tamunya pergi baru berasa capeknya, sampai-sampai kemarin saya tidur very early! Jam 7 lebih udah tidur haha, mungkin kalau bisa bersuara si bantal udah ngakak tuh.

Selidik punya selidik, ceritanya once upon a time, si Gyugyu bertemu seorang seniornya yang somehow tiba-tiba bersuara percisssss sama suara papanya yang sudah meninggal. Lalu suara itu menyuruh beliau untuk mencari makam Ye-ye (papanya papa Gyugyu, jadi kakek buyutku). Dari wangsit itulah, asal mulanya Gyugyu menyelidiki asal-usul keluarganya.

Saya tidak percaya pada kebetulan, "mandat" dari suara papanya Gyugyu, saya percaya semua itu under God's control, sudah diatur oleh Tuhan sedemikian rupa. Dannnnnn bukankah ini salah satu bukti bahwa Tuhan sangat amat asyik nan kreatif yatohhh?!

Because boredom is not one of God's character! He's always full of surprises and super cool!
(and I super love surprises!!! xixixi).


Lalu ada kejadian apaan yang membuat saya happy tentang kedatangan Gyugyu?

1. Keluarga besar kami in a sudden menjadi lebih lebih kompak lagi gara-gara semuaaaaanya sibuk bergantian mengkoordinir penyambutan Gyugyu dan mengatur acaranya apaan ajah. Dan semua bergerak untuk memberikan yang terbaik.
2. Kita jadi tahu silsilah keluarga besarnya Bobo Ngawi yang bermarga Li, dan ternyata kita punya turunan Raja looooohhhh, nama generasi pertama Li Yuan adalah seorang raja, dan saya masuk ke generasi ke 46. Wooooooo beberapa dekade sejarah tiba-tiba diceritakan, saya yang gak terlalu suka pelajaran sejarah aja jadi suka karena terdengar sangat nyata dan diceritakan LIVE!
3. Gyugyu sendiri sangat happy ketika menemukan kita, dan bahwasanya di sini beliau masih punya banyakkkkk saudara, and the fact that so many people call him Gyugyu in a sudden haha!
4. Gyu GuoHua orangnya sangat humble dan baik hati juga kalem-kalem tapi perkasa bahkan guru kungfu dan pelatih barongsai, we proud of him! Saya jadi teringat kalimat Tuhan Yesus yang bilang: "belajarlah padaKU karena Aku lemah lembut dan rendah hati..." (Mat 11:29) Ingat yah lemah lembut bukan lemah gemulai! Dan orang lemah lembut itu bisa perkasa ternyata!
5. Gyugyu juga contoh yang sangat baik karena beliau ngotot memberi dan mengajari kita apa yang dia bisa lakukan sebagai "balasan" karena gak bisa kasih oleh-oleh. Kita sebenernya juga gak minta oleh-oleh lahhhh, ketemu ajah udah seneng bingit, tapi begitu dia bilang: ayo belajar kungfu, diajarin cuman 3 basic steps dan kuda-kudanya, trus main tongkat juga tiga gerakan doank, tapi rasanya betis dan paha belakang udah nyut-nyutan njarem kabeh ! Lalu dia membelikan tongkat pramuka dan dikasih satu orang satu buat latihan di rumah, kalau gak dikasih nanti gak latihan katanya bwahhahahahaha tau ajah yah xixixi.

Dari kisah kedatangan Gyugyu yang kalo dipikir-pikir kisahnya sangat lucu ini, saya jadi teringat kisah di Alkitab yang menceritakan Bileam dan keledai yang tiba-tiba bisa ngomong (Bilangan 22). Gini ini loh caranya Tuhan! Tidak ada yang mustahil bagiNya, untuk tujuannya tercapai, melalui cara apapun bahkan sampai membuat seekor keledai berbicara menegur Bileam pun terjadi (Bil 22:28). Everything is possible with God, makanya yah jangan pesimis meskipun saya tinggal di Caruban nanti akan datang waktunya jodohku menemukanku, jadi yang sering nanyain dan memaksa-maksa kawin ditunggu ajah yahhhhh, Gyugyu ajah jauh2 dari Melbourne bisa nemuin kita di Madiun ya tohhhh #faith


So, keep believing in God, His way is faaarrrrr beyond what we can think of, and Hope in Him never disappointing!

Siang!

26Jesus looked at them and said, “With man this is impossible, but with God all things are possible.”
-Matthew 19:26-








































Komentar

  1. Itu kamu lagi ngapain sih Mak? Yg umek2 kaki dan kepala orang sambil bawa alat ituuuuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu lagi "ciu", ngasapin kaki/kepala pake panas2 ituh namanya CIU, jadi kalo tusuk jarum itu namanya CENCIU, cen itu jarum ciu ituh yaaa itu kayak cerutu yang dibakar buat manas2in ituh haha

      Hapus

Posting Komentar