1 2 3

Satu ? Dua? Tiga?

*disclaimer: ini hanya celotehan pribadi dan tidak berusaha mengajak untuk memilih siapapun, pilihlah sesuai hati nurani masing2, namun ngajakin bareng2 ngaca kalo diri sendiri ga bagus2 amat juga dan gak usah lah pakai benci2an atau merendahkan. 

Mungkin angka-angka ini yang paling sering jadi pertanyaan atau topik obrolan hari-hari ini. Ada banyak kubu yang yakin dengan pilihannya masing-masing, dan semua itu halal asal ya mbok jangan mengumbar kalimat yang bernada kebencian/menjatuhkan salah satu pihak. Mungkin secara pribadi, di group2 pribadi .....yaaaaaa masih ok lahhh ...bisa ditolerir, tapi kalau yang mengucapkan di ruang publik, di status/sosmed hampir setiap hari pula post nya, bernada kebencian akan salah satu capres dan mengolok-olok semua orang yang ada dipihak capres tersebut, hmmmmm...... sampai saya mikir, ini orang-orang yang begini ini kenapa ya? Apakah ada kepahitan yang tidak terselesaikan dalam hidupnya? Jadi mengolok-olok orang pada kesempatan capres2an ini bisa membantu meringankan beban hatinya bwahhhahahaha.... humornya lagi...salah satu yang mengetik sudah tidak punya WN Indonesia donk. Lah ngapain teriak-teriak tentang hal-hal baik untuk kebaikan NKRI endembre-endembre tapi dirinya sendiri ajah udah gak mau jadi WNI? 

Buang-buang tenaga sih kalau kubilang. 

Semua orang apalagi di dunia politik, PASTI ada kepentingan dan ego masing-masing, sedangkan kita yang ingin perubahan tapi kita sendiri juga MALAS untuk mencemplungkan diri masuk ke dalam sistem yang bobrok itu, apalagi tidak mau turut terlibat langsung mengupayakan perbaikannya, sebenarnya sama ajah bwhahaha. Kita sendiri kan sebenernya kalau dilihat dari segi kepentingan, punya 'kepentingan' hidup yang nyaman-nyaman, mudah dan aman ajah, ga usah ngurusin yang ruwet-ruwet apalagi cari perkara membenahi yang bobroknya sudah terpampang nyata. Kita sebenarnya bisa bertanya pada diri sendiri apakah pantas kita mengolok-olok yang lain?
*Saya pun ngetik ini sambil buat pengingat diri sendiri dan ngaca sih karena saya juga sering kalau sebel sama orang langsung meledak dan rasanya pengiiiiiiin banget ngejungkrakin orang itu ke laut bwhahahahahaha 

Tapi sekarang..... saya melatih untuk menghadapinya dengan senyuman........cieeeeeeh... 
Melihat beberapa teman / kerabat yang seakan ngotottttt banget yakin bahwa capres pujaannya adalah yang terbaik lalu kirim-kirim berita atau link atau apalah dengan harapan bahwa kami bisa ikut sependapat, membuat saya hanya tersenyum sambil mengelus dada. Yah...gapapalah namanya juga usaha sih yah, dan sayapun juga bebas untuk berusaha menolak dan mempertahankan pilihan hatiku haha.

Yang lebih kasihan sebenernya pak Jokowi sih, debat yang harusnya untuk meng-iklankan visi misi masing-masing, namun jadi terkesan memojokkan pribadi capres tertentu dan Presiden.  Periode-periode akhir masa jabatannya, fitnahan untuk beliau mengalir deras, dan memang ada beberapa sikapnya yang terkesan 'sesuatu' yang saya sendiri juga bingung kenapa beliau jadi bersikap begini yah? Namun, politik itu kejam dan licik, juga kompleks, dan dari luar kadang tak terlihat kasat mata, semacam roh-roh an tembus pandang gitu bwahahaha..... saya hanya cukup yakin dengan pribadi beliau dan kapasitasnya yang terbukti nyata sampai saat ini, bahwa beliau sampai bersikap yang mempertaruhkan nama baik dan reputasi PASTI ada alasan baiknya, itu ajah sih. Mau dibilang naiv yaaaa boleh, kita negara demokrasi kok bebas berpendapat...asal gak yang benci2an dan mengundang perpecahan lah yah....dan sayapun bebas mengungkapkan pendapatku kan wabhahahaa. Karena selama yang kulihat sejauh ini, kok pribadinya Pak Jokowi jauh dari arogan atau mementingkan diri sendiri, akan lain sikapnya mungkin kalau orang yang begitu sabar tapi diganggu terus dan dihalangi, ya bisa ajah melakukan sesuatu demi tujuan dan kepentingan bangsa tidak terbengkalai kali yaaaa.  
Saya sih bukan sedang berkampanye ya, namun saya cukup terusik dengan fitnahan dan citra buruk yang sekarang nempel di nama Pak Jokowi, manusia mana sih yang sempurna? Apalagi judulnya politikus hahaha, yang memfitnah2 atau menganggap begini begitu juga belum tentu benar dan gak pernah nyakitin hati orang kan? Ngurusi negara kepulauan yang dari ujung ke ujung ajah kalau mau dihampiri dan ditinjau satu-satu, hmmmm 5 tahun jabatan kagak cukup kali yeee, belum lagi ada 6 agamanya (itupun masih banyak banget denominasi per agamanya), suku, bahasa, budaya yang beraneka ragam, itu pusing loh sodara-sodari! 

Jadi entah kenapa debat-debat kemarin yang malah terkesannya ada indikasi merendahkan atau tidak respek sama Presiden kok bikin saya terusik hahaha. 

Karena sepanjang saya mengalami beberapa presiden dalam hidup ini, Pak Jokowi adalah sosok yang cukup 'komplit' paketnya untuk menjadi pemimpin. Beliau lihai bisa menggandeng banyak pihak dan kalangan, dan ini sangat diperlukan untuk keberlangsungan Bhinneka Tunggal Ika, di fitnah bagaimanapun tetep maju kerja dan woles ajah responnya, kerjaannya nyata dan memang benar-benar ujungnya untuk kebaikan bangsa sendiri. Banyak banget yang dikerjakan walau hanya dalam waktu 10 tahun jabatan, saya ajah menikah yang dalam satu kedipan mata kok ya sudah 5 tahun dan masih begini-begini ajah, belom lancar banget berbahasa Jerman dan belum punya nyali membuat gebrakan apa-apa, jadi agak malu sama beliau yang meskipun diserang dari segala sisi se-Indonesia Raya namun tetap maju dan melakukan proyek-proyek, yang baru dipikirkan atau diangankan ajah sudah terbayang sulitnya,.... tapi beliau melaksanakan!!!!
Satu kata: SALUT!

Lalu urusan etika, orang dalam, dinasti dll dll.... 

Menurut kacamataku yang bukan orang politik namun tinggal di Indonesia raya cukup lama, saya justru sangat paham dan bisa memaklumi hal ini. Orang dengan umur yang masih dibilang muda kalo mau masuk tanpa orang dalam ajah rasanya kok susah di negri Konoha bwahahahahhaa... memang hal yang kurang terpuji tapi sebenernya kenapa juga harus di umur tertentu? Boleh lah dirubah, saking ajah ngerubahnya kok pas pas an deket2 capres2an, digoreng renyahlah. 
Saya jadi teringat ketika dulu buka toko Meubel lalu ada orang mau beli dan nawar nanya: 'mau ngomong sama mamanya' ...Loh yang buka toko saya, mama saya malah gak tau apa-apa, tapi ngotot mau ngomong sama mamanya bwahhahahaha. Emangnya kalau masih kelihatan imut-imut ga boleh gitu buka toko? Lucu kan rakyat kita kadang2. Bahkan kalau saya lihat pake logika, justru bagus ada anak muda MAU masuk perpolitikan (karena saya sendiri ogah bwahahaa), dan ini kalau lihat bapaknya sih harusnya cukup ok (ditinjau pakai rumus like Father like Son yah), dan sejauh ini dia kerja jadi walikota juga ok-ok ajah, kalau yang muda ga boleh masuk, nanti semua nya jadi tuwir-tuwir yang menjabat kan sesuatu juga...bayangin kalau ada acara kenegaraan hidangannya gule kambing lalu stroke berjamaah kabinetnya kan lucu! Bukan ngedoain yah ...hanya ...come on... anak muda sekarang loh juga banyak yang capable lah, .....masih muda nanti kurang matang, kalau pakai alasan ini....hmmm justru mumpung masih muda dan banyak yang senior dan ada yang mau nggandeng kenapa juga dipermasalahin, kali-kali bisa di tempa sama senior-senior itu kannn. Boleh lahhhh kan demokrasi dan keragaman, kenapa juga terlalu diurusi masalah umurnya, toh kalau dia memang gak capable akan terlihat sendiri dengan seiring waktu.  

Saya hanya bisa tertawa sih ketika orang pakai alasan itu untuk membenci Jokowi dan menghapus semua prestasi dan sumbangsih besarnya dengan beberapa kecap fitnahan, tuduhan dan tudingan yang yaaaaaa....,  sebenernya kalau mau ditinjau hellooooooo kalian bikin SIM ajah malas antri dan milih bayar calo tapi ngritikin orang tentang etika, bukannya itu sama ajah bwhahahahaa. Nila setitik itu cepat-cepat saya ciduk keluar dari belanga susu dan kubuang biar ga rusak mubazir nanti susu sebelanga bwahahahaha. Saya sendiri memilih untuk mengingat apa yang baik ajah, lebih daripada keburukan sedikit yang tidak terlalu signifikan pula dan sebisa mungkin masih respek dan punya harapan baik untuk negri lahhh...jangan pesimis juga.

Jujur saya dulu melakukan hal yang sama (kadang sekarang pun kalo kepleset ya masih melakukan juga sih), mulut ini otomatis celometan ngomentarin ini itu, padahal kalau dipikirkan ulang, saya sendiri ya ga kebagusan dan belum tentu bisa melakukan hal-hal itu, tapi memang menyaksikan dan komentar itu mudah, apalagi sekarang tinggal pake jempol hahaha. 

Ibarat nonton bola, kita sering banget kan bilang duhhhhhh ini kenapa dia bodoh sekaliiiii kesana lo ...nendang tuh gini...blablabala..... 

Saya...ya saya mengibaratkan saya sendiri ajah, sering begitu ketika nonton bola, namun ada satu kesempatan duluuuu main bola cuman main biasa ajah, tapi nggiring bola nya doank ajah gak mudah, ada beberapa kali bolanya ketinggalan, ada beberapa kali kayak hampir kesrimpet, ada juga pas nendang udah action sekuat tenaga tapi bolanya luput ga ketendang bwahhahahaa. Tapi apa yang terjadi ketika nonton bola? Otomatis mulut ini akan ya ampunnnnnn kok kesanaaaa, kesono looooo...seakan-akan skill saya lebih jago dari Mbape bwhahahahhahaa. Ya itulah manusia, gak ngaca diri sendiri becus apa kagak pokoknya komentar duluan, padahal dijaman sekarang, komentarmu di ruang publik itu bisa dibaca banyak orang dan bisa memicu perpecahan. Padahal maunya kita kan damai tenang semua harmonis, lah ngapain harus benci benci atau terlalu extrim membela salah satu seakan-akan dirimu sendiri yang paling benar dan orang lain bodoh bin oon kalau milih yang gak sesuai pilihanmu. 

Dicari tahu ajah mana yang menurut kalian paling mending dari semua pilihan ituh, saya ada mencari tahu, membaca berita dan sebisa mungkin tidak pakai perasaan benci duluan. Karena kalau sudah benci, apapun yang dilakukan akan kelihatan buruk semua dan salah semuanya. 

Lalu renungkan, doakan dan ikuti kata hatimu yang sudah kau lengkapi dengan berita beneran, bukan berita WA/tiktok/apalah yang gak komplit dipotong2 lalu diartikan sekehendak hati sendiri dan pastinya bukan fitnahan receh atau apa kata A,B,C,D. Kalau saya sendiri sih, lihat visi misinya dan orangnya kira-kira apakah yang difitnahkan ituh beneran kah? Karena bisa saja hanya gorengan, ingat kebanyakan gorengan gak baik juga buat kesehatan xixixixi. Dan sudah research dan memantapkan hati begitupun, belum tentu juga pilihan kita pasti yang benar/terbaik yatooooooh...Hanya Tuhan yang tahu itu.....Apalagi kita rakyat jelata yang melihat hanya dari kejauhan dan sering terpapar dengan 'apa kata orang', pasti punya indikasi ikut-ikutan benci atau stereotyping, mari lebih bijak saja, gak usah pake ujaran kebencian atau ngajakin orang untuk berpikir buruk tentang salah satu, dan jangan juga gara2 pemilu atau berbeda selera milih presiden lalu jadi sebel sendiri trus ngambek putus pertemanan hahaha konyol sih kalo kayak gituh. Oh dan yang paling penting Jangan Golput atau gak bangun ajah pas hari H untuk ke TPS ! Percuma koar-koar begini begitu ehhhh ternyata golput bwhahahahhaa. 

Kiranya Tuhan mengijinkan hanya yang terbaik untuk Indonesia yang memimpin tanah air tercinta, dan Indonesia tetap aman, damai, rukun bersatu,
semakin maju dan makmur!







Komentar