Car Free Day = Hari Bebas Buang Sampah Sembarangan?????

Saya tidak pernah ikutan Car Free Day karena setiap minggu pagi adalah jadwal ke gereja, namun kemaren saya harus ke Madiun pagi-pagi sepulang gereja dan tampaklah sisa-sisa bubaran CFD.

Seperti biasa, sampah dimana-mana berserakan.


Car Free Day itu artinya hari bebas mobil, BUKAN bearti bebas buang sampah sembarangan di jalanan loh yah bapak-bapak, ibu-ibu, saudara-saudariiiiiiiii. *nada gemes*

Pemandangan yang sudah tidak mengagetkan disetiap selesai event di Indonesia raya sih.
Entah apakah tidak tersedia tempat sampah, atau karena ikut-ikut semuanya pada buang disitu, atau karena setelah itu toh ada bapak kebersihan yang sudah dibayar untuk membersihkan?!
Hmmmmmm apapun alasannya, motto yang dulu jaman SD diajarkan pada saya kok tidak terlihat sama sekali.
Dulu didengungkan: Kebersihan adalah bagian dari iman.

Kalau begitu sekarang boleh disimpulkan sudah banyak sekali orang yang tidak beriman???
Kalau banyak yang tidak beriman, lha kenapa kok Gereja-gereja berlomba-lomba dibangun semakin besarrrrrr kapasitasnya jadi kayak stadion bola, Masjid2 pun banyak dibangun yang baru, populitas orang berhijab pun semakin banyak, tapi kenapa sampah juga semakin banyak dibuang sembarangan?

Sayangnya guru SD saya yang sering mengatakan kalimat itu sudah wafat, kalau belum mungkin saya akan bertanya jawab dengan beliau tentang hal ini, karena setahu saya dulu memang beliau orang yang selalu berpenampilan rapi bersih, mengatakan Asalamualikum setiap masuk ruangan dan dengan ramah selalu mengajar dengan nada mendongeng. Bahkan ketika pintu kelas rusak karena musim kedondong, beliau hanya dengan kalimat lembut menegur kami, tetap tegas tapi lembut, nahhhh yang seperti ini saya akan tanpa ragu menyimpulkan bahwa beliau adalah benar-benar orang beriman. (kalo musim dondong tiba, kita rame2 makan dondong dan pintu kelas dipake buat njepit dondong sampe pernah rusak gara-gara kebanyakan njepit dondong ^o^)

Saya juga bukan orang yang kemresik (terlalu bersihan/ hygiene freak) sih, masih sering malas cuci mobil contohnya haha, tapi minim-minim dalam nya mobil selalu diusahakan untuk gak kotor dan masih nyaman ditunggangi.
Kalo kita berubah mulai diri sendiri masing-masing ajah, satu orang tidak membuang sampah sembarangan lalu semakin banyak jumlah yang sadar hal ituh, akan jadi banyak orang yang tidak membuang sampah sembarangan!
Biar Indonesia terlihat lebih beradab, bersih dan indah!
Yuk!



Komentar

  1. Rupanya sama saja ya di mana-mana...

    BalasHapus
  2. sepertinya memang perlu kembali ke SD lalu belajar bahwa buang sampah sembarangan itu tidak benar haha

    BalasHapus

Posting Komentar