HOBBY: Berselingkuh







hobby1
Line breaks: hobby
Pronunciation: /ˈhɒbi
  
NOUN (plural hobbies)



  • 1An activity done regularly in one’s leisure time for pleasure:
  • Source: http://www.oxforddictionaries.com/definition/english 
Ada cuplikan artikel menarik dari capres kita sewaktu menyodorkan daftar riwayat hidup, di kolom hobby calon P menyebutkan hobbynya yang berkuda, menembak, berenang, membaca. Entah dia beneran berhobby seperti itu atau sekedar pencitraan aku juga gak kenal orangnya jadi gak jelas juga. Tapi hobby bisa membentuk penilaian orang lain tentang seseorang, dalam point ini berkuda dan menembak bisa diartikan orang yang tegas dan manly, tapi bisa juga jadi 'aduh sifatnya bengis pasti', pedang bermata dua banget pernyataannya. Sedang capres J mengosongkan kolom hobby itu, entah karena dia beneran gak punya hobby yang bener-bener ditekuni atau karena bingung kudu nulis apaan. Kalau boleh saya bantu isi, hobbynya: Jalan-jalan blusukan!

Apa hobby anda?

Semua orang punya hobby pasti, tapi terkadang orangnya sendiri belum tentu sadar bahwa dia punya hobby tersebut, karena definisi hobby sendiri adalah kegiatan yang kita lakukan dikala senggang untuk kesenangan diri. Lah kalau orangnya sibuk bekerja almost everyday and anytime otaknya penuh pikiran harus ngapain, planning apaan, bisnis ini bagaimana dll. Kalo posisi begitu, apa definisi hobbynya? Atau, bisa jadi hobbynya hanya musiman, kalau musim fotografi ikut-ikut foto, kalau musimnya bersepeda ikut-ikut bersepeda, jadi bingung sendiri hobby dia apaan. Tapi biasanya hobby musiman tidak bertahan lama, ya, seperti namanya hobby musiman akan lewat dalam satu atau beberapa musim saja setelah itu akan tergantikan oleh hobby yang lain.

Perselingkuhan adalah "hobby" yang semakin ngetrend hari-hari ini.
Kenapa saya bisa bilang begitu? Karena hampir di setiap kesempatan, entah itu saat saya menjadi volunteer kegiatan sosial, entah saya sedang mengantri di bank ataupun saat makan sendirian di depot, ataupun saat ngobrol santai di group, secara kebetulan selalu ada saja caranya Tuhan membuat saya bisa tak-sengaja mendengarkan kabar kabari tentang orang-orang yang berselingkuh dengan aneka kisah mereka masing-masing secara randomly.
Terkejut? Pasti, meskipun kisah perselingkuhan sudah semakin marak akhir2 ini tapi tetap saja reaksi otomatis tentang sebuah perselingkuhan masih membuat saya heran... pertanyaan yang selalu muncul adalah "WHY?".....  disini saya jadi tahu lebih jelas tentang makna peribahasa "dinding bertelinga", karena posisi saya waktu mendengarkan kabar-kabar itu ada beberapa diantaranya saya bahkan tidak kenal orang-orang yang sedang ngobrol tersebut, mukanya ajah udah samar-samar lupa. Tapiiii... gosip yang mampir ke telinga saya masih jelas teringat dan sangat amat membuat sedih hati.

Pertanyaan "Kenapa?" ini belum terjawab secara lugas sampai detik ini, dan posisinya adalah saya cukup tahu diri untuk tidak langsung menegur orang yg bersangkutan, saya juga tidak memergoki langsung, juga tidak ada bukti otentik bahwa kabar itu benar, tapi naluri saya mengatakan bahwa kabar itu bukan bo'ongan (bukan sekedar naluri sih, tapi kurasa ini insting yang dititipkan sama Tuhan ditambah dengan analisa yang saya tarik dari perilaku keseharian dan gaya hidup orang-orang tersebut) Yang saya lakukan saat ini hanya diam, mendoakan mereka supaya kembali kejalan yang benar, sambil terus pasang mata waspada. Jujur, saya ini sebenarnya orang yang sangat vokal, kalo gak setuju saya biasa langsung protes, atau kalo ada sesuatu yang saya kurang suka atau tidak benar menurut saya, langsung saya tegur, siapapun itu, jadi kadang-kadang saya dicap sok ikut campur. Tapi kalo urusan rumah tangga orang, that won't be wise to do that. Memendam semua dalam hati (though that's not easy either), but I should!

"ih, Kayak dia ga berbuat dosa ajah"
Justru karena saya adalah manusia yang sama bisa berbuat dosa jadi saya menegor orang. Karena biasanya ketika kita sedang melakukannya, kita beneran gak berasa dan "a wake up call" from others will be much appreciated later on.

Tidak ada seorangpun di dunia ini yang "sin-proof" atau "temptation-proof"
Orang seagung dan sebesar Raja Daud sajah juga melakukan perselingkuhan, bahkan era itu dimana masih 'diijinkan' untuk beristri banyak, kok ya masih kurang ajah? Itulah kerjaan setan, dia selalu mencari celah untuk masuk dan merusak hidup kita. Dan style khasnya setan yang saya pelajari so far adalah: menyerang di area dimana justru kita merasa kuat akan hal itu. Jadi frasa "Never say never" itu benar adanya, karena ketika kita merasa kuat dan kebal godaan di bagian tertentu, justru disitulah kebanyakan kita akan jatuh.

(12) Therefore let anyone who thinks he stands [who feels sure that he has a steadfast mind and is standing firm], take heed lest he fall [into sin].
(12) Sebab itu siapa yang menyangka, bahwa ia teguh berdiri, hati-hatilah supaya ia jangan jatuh! -1 Kor 10:12 -

Dannnnnn selain itu, Raja Daud jatuh dalam dosa ketika dia di Zona Nyamannya, waktu itu disaat prajuritnya sedang pergi berperang, sang Raja Daud malah santai2 duduk diteras istana, saat itulah kok ya kebetulan si Bathsyeba itu mandi keleleran di sungai di sekitar istana, gak beda jauh kan sama jaman sekarang yang (meski gak mandi keleleran) tapi gaya berfashion sekarang sudah kayak zaman Tarzan, kurang bahan.
Tidak ada orang yang kebal godaan, saya pun sudah pernah jatuh dalam hal yang saya sangka saya teguh berdiri, menyesal pasti, tapi berhenti, berputar balik dan bertobat akan lebih berguna dibandingkan penyesalan. And the good news is, anytime you want to back to the right path, God always welcoming us with open hands.

Ngerinya, manusia sekarang merasa perselingkuhan itu sebuah "fun", 80% diantara cewek2 itu TAHU bahwa laki yang tidur dengannya itu suami orang, justru ada kenyataan pahit yang terlontar: "loh justru si cewek harus tahu jadi dia bisa hati-hati gak sembarangan" ... What the... saking yang ngomong itu aku baca dari artikel di internet, coba kalo aku denger langsung bisa gua timpuk pake high-heels dengan adegan serasa saya ngulek lombok dimuka itu cowok.
Yang lebih "keren" mereka berasa cool kalo bisa menggaet suami orang! Bangga yang kayak udah winning oscar, edan tenan.

Selama dua minggu kemarin "topik" hidup saya seputar perselingkuhan, entah apa maksud Tuhan (belom mengerti 100% soalnya) dengan mengijinkan saya mendenger semuaaaaaaaaa berita tentang si A, B, C....etc yang berselingkuh. Bahkan topik bahasan bacaan renungan harian sayapun tentang kisah perselingkuhan Raja Daud, ditambah ketika ngobrol di group ehhh la kok topiknya juga perselingkuhan, klop wes.

Tapi Tuhan gak pernah ngawur atau iseng, Dia mengijinkan sesuatu pasti dengan alasan tertentu, entah apapun alasan pastinya, so far, saya bisa belajar untuk lebih mengerti type-type perselingkuhan, dan kurang lebih persamaan typical kenapa perselingkuhan terjadi, kali-kali nanti saya berbakat untuk ambil degree majoring relationship lalu pindah ke New York jadi counselor berbayar tinggi  #eh #intermezo

Saya tidak menawarkan solusi disini, namun dari satu dan banyak kisah yang terjadi, siapapun anda yang membaca blog ini dan bila anda pernah berselingkuh, tidur bareng ataupun hanya perselingkuhan bbm/sms, apapun jenisnya, ringan atau berat, semua itu namanya tetap selingkuh!
Just STOP it!
Percaya deh gak ada untungnya, ruginya ombyokan dan konsekuensinya itu loh yang ngeri.

Kalau dikisah Raja Daud, konsekuensinya adalah anak pertamanya bersama Bathsyeba mati, keluarganya berantakan, anak-anaknya saling bunuh, kerajaannya hancur, nafsunya "diturunkan" ke anaknya yang memperkosa saudarinya sendiri, dll dll.... Ngeri ngelihat semua konsekuensi yang terjadi dan harus ditanggung Daud karena perselingkuhan dan pembunuhan berencana yang dia lakukan.

"Ah... gak segawat itu lah saya kan cuman berselingkuh, gak sampai membunuh orang lain"

(18) Jauhkanlah dirimu dari percabulan! Setiap dosa lain yang dilakukan manusia, terjadi di luar dirinya. Tetapi orang yang melakukan percabulan berdosa terhadap dirinya sendiri. -1Kor 6:18-

Mungkin gak segawat Raja Daud yang membunuh suami Bathsyeba demi mendapatkan cewek semlohay yang mandi di kali itu. Tapi tetap ajah berselingkuh itu melanggar janji nikah dan serasa meremehkan bahkan "nantangin" kedaulatan Tuhan karena udah tahu itu dosa ya tetap dilakukan. Padahal aslinya, kalau Tuhan sentil dikit ajah trus stroke kejet2 mati separo badan, apakah harus begitu? Dikala sudah terjadi yang seperti itu, I wonder apa itu penis masih bisa "bangun" kalo lihat cewek berbaju minim? Kalau terjadi seperti itu, mau kah selingkuhanmu ngerawatmu? Halaaah jangankan dirawat, paling juga pura-pura gak kenal. Yang susah ya tetap istri dan anak-anaknya.

Tapi kan susah melawannya, secara itu sudah satu paket sama hormon lelaki.
Gak usah pake alasan lah.... hormon wanita pun sama, cuman bedanya wanita tidak gampang terpancing sama visual, cowok lebih ke visual, tapi intinya sama ajah, kalau "rajin dipupuk" dengan hal-hal yang membuat semakin bernafsu, ya pastilah semakin besar dan meletup-letup nafsu itu minta disalurkan.
Kalau di dunia barat yang sex sudah menjadi hal casual, dan orang single tidur kesana kemari tanpa komitmen, meskipun ini lifestyle yang saya juga gak pernah setuju tapi ini lebih baik dikiiiiiiit dibanding yang udah nikah dan jajan.
Saya sih belom merit tapi aneh sih, kalian para pasangan yang udah resmi bersuami/beristri, mau melakukan kapanpun dimanapun bagaimanapun sesering apapun bukannya sudah SAH? Kenapa harus jajan keluar?
Kalau jadwalnya atau gayanya gak cocok sama istri/suami ya coba monggo dibicarakan didiskusikan-bagaimana, jangan maen peluk orang laen! Gak ada yang gak bisa dibicarakan dan dicari solusinya lah, selingkuh bukan solusi, tapi itu pintu menuju tragedi demi tragedi.

Saya tidak berusaha menghakimi atau menakut2i disini, tapi ingatlah semua tindakan ada konsekuensinya. Coba berhenti sejenak dan renungkan itu. Dan untuk suami/istri yang ditinggal berselingkuh, jangan juga 100% menyalahkan pasanganmu, karena setiap pernikahan itu selalu dua pihak, kalau satu melakukan itu,  coba dibicarakan apakah sebabnya? Mungkin ada hal-hal sepele yang "dimaklumi" namun lama kelamaan bisa membuat suami/istrimu cari sensasi dan hiburan dipelukan orang lain.

Dan ... next time kalo ada godaan selingkuh, tutup mata, lariiiii!
Ih.. gitu ajah lari, pengecut amat....
Mendingan di cap pengecut sama teman dibandingkan menghancurkan rumah tangga sendiri, dan lagi teman yang ngomong begitu mendingan juga gak usah ditemani, berteman ajah ama unyil atau dora, mereka baik dan santun :P
Orang se-rohani Yusuf ajah juga lari kalap ketika istri Potifar menggodanya, ya... keputusan yang bijak karena kurasa diapun gak akan tahan godaan kalo lama-lama disana. Istri Potifar itu sexy dan cantik, orang kaya pula, baunya pasti harum gak apek. Dan menyodorkan diri minta ditiduri nah lo... kalo aku diposisi si Yusuf juga bisa ajah tergoda tuh, secara sana yang menyodorkan diri loh ...

Susah? Ya jelas namanya melawan diri sendiri itu lebih daripada mengalahkan 100kota! #sokpuitis
Tapi bisa kok, dan kudu rada extreme caranya, benar-benar harus totally fully committed to turn back. Dan berdoalah minta bantuan Tuhan biar dimudahkan jalan tobatnya, jangan malah dipupuk pake nonton porn, sama ajah samimawon itu dosanya, yang ada malah nafsunya meletup2 pake adegan yang 100% palsu.

Aduh... kok jadi panjang banget yah... intinya, perselingkuhan itu adalah salah dilihat dari sudut pandang manapun pake kacamata minus, rayban atau kacamata kuda sekalipun. So.. JUST STOP it and Repent!


Lalu apa hobby saya? My hobby is earning money hahahaha


Sekian!


























Komentar