Tojia Banyuwangi

Banyuwangi itu indah
Banyuwangi itu ramah

Kira-kira dua kalimat diatas adalah kesimpulan yang saya sendiri tarik setelah pada tanggal 26-28 January kemarin kami berkunjung ke Banyuwangi dalam acara Malam Keakraban Putra Putri Hakka Regional Jawa Timur. Acara MaKrab kali ini berbeda dari yang biasanya, tidak ada games ice-breaking, tapi kita langsung hiking bersama selama 6jam mendaki Ijen, saling tolong menolong, berbagi cahaya senter dan ngobrol juga bercanda ringan sepanjang jalan. Gak perlu banyak acara, tapi kalau sudah mendaki Ijen bersama dijamin akrab langsung dah!

Hakka Banyuwangi sangat bersemangat menyambut kami, dari tidak kenal dalam sekejap kita pun membaur akrab karena mereka pun dengan senyum ramah dan terbuka menemani kami kesana kemari lalu ngobrol dan dengan kekeluargaan menganggap kita adalah saudara dari jauh yang berkunjung, bahkan para senior ai-ai dan susuk-susuk pun antusias. We're honored!
Semangat Hakka terpampang nyata terlihat di pribadi lepas pribadi Hakka Banyuwangi, dua hari kami disana terasa sangat menyenangkan dan misi keakraban juga tercapai, sepulang dari Banyuwangi kami semakin akrab satu sama lain. Tidak perlu deklarasi, tapi jiwa Hakka itu kami rasakan dengan penuh kekeluargaan menemani kami selama di Banyuwangi. Kalau kalian belum pernah mengerti bagaimana keramahan asli orang Hakka itu, mampirlah ke Banyuwangi! Umur boleh beda jauh, kenal juga tidak seberapa dekat, ketemu pun jarang-jarang, tapi kehangatan dan kekeluargaan mereka benar-benar tulus tersampaikan. Terima Kasih Banyuwangi! Kita akan kembali lagi!!

TOJIA Banyuwangi!

Komentar